Thursday, March 26, 2015

Here’s I am talking about my tutor

What is a tutor?

Sebagai anak graduate school yang “baru datang di Jepang pas mulai program pascasarjana” (pengalaman sebagai exchange student dan intern student 1 tahun lebih ga dihitung) dan belum paham banget kehidupan “yang sebenarnya” di Jepang, kami-kami ini secara beruntung ditemani oleh tutor. Tutor itu mahasiswa Jepang yang sudah tingkat akhir S1 (biasanya) yang dianggap kompeten sehingga diutus oleh Pak Profesor untuk mendampingi mahasiswa pasca tersebut. Kenapa bahasa gue jadi ribet begini? 

Intinya, tutor ini bakal bantuin, nemenin, ngajarin kita saat: lapor diri ke kantor kelurahan setempat, bikin akun bank, ngajarin cara bayar listrik-air-gas, telponin dokter gigi (ganteng) buat bikin janji konsultasi, ngisi dokumen-dokumen resmi yang isinya kanji (kriting) semua, dsb, dsb. Termasuk, (kalau sempet) jalan-jalan bareng keliling kota. Asik kan? Sayangnya gue ga pernah jalan-jalan sama tutor gue kecuali pas lagi lab trip. Kenapa? Karena (ceritanya) gue udah canggih kalau soal jalan-jalan #haisssshhh


My Tutor

Nah, sekarang cerita tentang sosok tutor gue yang canggih itu. Sebut saja CM, umur setahun atau dua tahun di bawah gue tapi kita ngobrol pake bahasa gaul, sama-sama perempuan, sama-sama suka gundam, sama-sama suka warna biru, sama-sama golongan darah B, sama-sama lahir di tahun heisei (mulai 1989 ke bawah), sama-sama galak kalau di farm tapi cantik nan anggun kalau ke pesta (mulai narsis), sama-sama mahasiswa Vet Med (ya iyalah). Mba CM ini orangnya tegas (kalau ga mau dibilang galak), suka asik sendiri tapi ga jomblo, jago main piano, canggih banget di ladang ski, hobi ngebut di jalan (entah pakai sepeda atau mobil), semua sapi takluk sama doi, pinter ngomong bukan pinter bohong, suka baca komik (koleksinya udah menuhin kamar apartemen), soal teori kurang cihuy tapi soal praktek super canggih. Terakhir, ga suka media sosial (makanya foto beliau disini bakal ditutupin icon cantik, hehehe…

Selama setahun, pokoknya beliau berjasa benget banget dalam hidup gue (asiiiik). Sangat membantu dan senang membimbing. Kalau ngejelasin suatu hal jelas dan detil banget. Kalau lagi ngomong sama petugas-petugas di bank atau toko misalnya, beliau-beliau langsung pada “luluh” dan urusan langsung lancar jaya… Duh, coba lawan jenis, pasti udah “cool” banget kalo kata anak muda jaman dulu. Yang pasti, gue udah naksir kalau doi lelaki. Hahahaha… Well, biasanya tutor memang sama jenisnya dengan yang di”tutor”in supaya lebih leluasa mau curhat ngurusin macem-macem. Betul ga?

Terakhir, gue beruntung banget punya tutor Mba CM, biarpun doi agak-agak anti ngomong Bahasa Inggris dan kita selalu ngobrol dengan (entah gimana caranya) bahasa Jepang, tapi doi selalu bisa mengambil hati mba-mba Teller Bank, Ibu-ibu Toko Hanko (stempel Jepang pengganti tanda tangan), mba-mba resepsionis PDAM, sampai mba-mba real estate agency beserta ibu kosan gue sekarang sehingga gue bisa tinggal di apartemen mungil tapi super keren kayak di drama Jepang (Ihiiiy). Entah gimana caranya, Mba CM bisa meyakinkan mereka-mereka kalo gue anak baik-baik, jago bahasa Jepang, dan udah biasa dengan kehidupan sehari-hari Jepang (biarpun cuma 50% tepat, hahaha).

Terimakasih gue ga terkira buat doi yang udah sempet-sempetin nganterin cari apartemen di tengah-tengah kesibukkan belajar buat Ujian Nasional Dokter Hewan (yang ternyata super duper susah banget bo….); sempet-sempetnya juga bantuin angkut barang-barang gue yang super banyak pas pindahan secara cuma-cuma. Belum lagi ditambah super sabar ngajarin gue ngisi puluhan dokumen resmi dengan kanji yang orang Jepang sendiri aja belum tentu paham isinya (kurang pinter apa coba tutor gue?), sampai ngajarin gue cara nulis kanji dengan baik dan benar serta indah. Hihihi…
Satu tahun berlalu dan doi pun lulus sebagai dokter hewan yang cinta sapi. Aaah, bentar lagi gue nangis nih ^^;



Happy Graduation my best tutor! Otsukaresamadeshita!

アユ
 
  

4 comments :

Danang Dwi Cahyadi said...

Aaah, I see....
CM = Choirun Misa, kan??
wkwkkwkwkwkkwkwk

Yoza Adidaya said...

面白いブログですね。続けてください

ria yuniarti said...

mbak di prefektur mana?

laras rahayu said...

Di Tokyo, Mba

Post a Comment