Saturday, July 27, 2013

Sumpit〜お箸


Gara-gara ada yang bahas soal sumpit di salah satu media sosial, si gw jadi "terinspirasi" (cieee bahasanya) buat bahas sumpit. Jadi ternyata, berdasarkan "pengakuan" rekan-rekan dari Korea, China, dan Jepang, sumpit dari masing-masing negara tersebut, sekilas tampak sama tapi beda lho,, cekidot...



Sumpit China. secara umum sumpit China punya ukuran paling panjang dengan tebal paling besar dibandingkan dengan sumpit dari kedua negara tetangganya. Selain itu, dari ujung ke ujung, sumpit China punya ukuran tebal yang sama. Bahannya? Biasanya sih terbuat dari bambu^^ ada yang tahu pasti, sebagian besar sumpit di china terbuat dari apa?





Sumpit Korea. Secara umum sumpit korea bentuknya agak pipih, segi empat, dengan ujung yang mengecil. Bahannya? Sebagian besar terbuat dari logam :)





Sumpit Jepang. Secara umum bentuknya segiempat yang agak membulat (bukan segiempat pipih seperti Korea) dengan ujung yang mengecil. Kalau sumpit Jepang ditangkupkan, maka terlihat ada celah antara ujung sumpit yang kiri dengan yang kanan. Bahannya? Umunya terbuat dari kayu ataupun bambu. Setahu saya, bahkan ada yang dibuat dari kayu pohon sakura lho^^ Tapi jaman modern begini, sumpit yang terbuat dari plastik dan sodara2nya saya rasa cukup umum juga dipakai, karena selain praktis juga bisa digunakan berkali-kali ;)






Nah, yang ini sumpit plastik yang dipakai oleh anak kecil yang baru belajar memakai sumpit.  Bulatan seperti cincin yang menempel pada sumpit itu fungsinya untuk memasukkan jari jempol, telunjuk, dan jari tengah
Bentuk, ukuran, dan bahan pembuat sumpit ini dipengaruhi oleh sejarah dan budaya dari masing-masing negara. Ada yang tahu?

Jadi, yang mana sumpit favorit kalian?^^

アユ

0 comments :

Post a Comment