Saturday, March 31, 2012

Sushi

Setelah sekian lama ga makan sushi (ada kali 1.5 tahun), akhirnya saya mencoba makan sushi di salah satu foodcourt di mall besar di daerah Jakarta Selatan. Berdasarkan rekomendasi salah satu teman yang bilang kalau sushi di PS (kita singkat saja nama restorannya begitu) rasanya maknyus dengan harga maknyus, akhirnya saya dan beberapa orang teman saya pun meluncur dan mencoba 3 jenis menus sushi.

1. Mini Dynamite Roll (kayaknya bener ini namanya). Ini sejenis makizushi (sushi gulung) yang isinya tuna dan beberapa pelengkap lainnya (lupa juga apa isinya) dengan toping mayones oren super tebal. Hmmm, enak sih, tapi rasanya Indonesia pisan alias terlalu "berasa" untuk sebuah makanan jepang^^ mayonesnya yang super tebel membuat rasa dari "isi' sushi tertutup. Selain itu, campuran "isi" yang bervariasi jadi mencampuradukkan rasa. Pantas kalau disebit "dynamite". Rasanya bikin mulut "meledak" selain karena ukurannya yang terlalu besar untuk mulut manusia pada umumnya ^^

2.   Philadelphia Roll. Ini juga makizushi tapi nori-nya dibalik, ada di dalam gulungan, bukan di luar. Bagian luar dari gulungan ditaburi dengan ikura alias telur ikan salmon yang kres kres kres crunchy ^^ Isi dari gulungan ini di antaranya salmon, ikan terbang, alpukat dan keju! yak, K-E-J-U. duh gimana coba itu rasanya? Yang pasti ada asin-asin keju yang gimanaaa gitu. Jadi berasa makan sushi di Prancis. Kalau teman Prancis saya makan sushi ini, kemungkinan komentarnya ada 2: 1. ini baru namanya makanan! ada kejunya :D atau 2. ini sih bukan keju ><
Kalau menurut saya: "Ini sih bukan Sushi Jepang" ^^

3. Salmon Roll. Alhamdulillah, di antara ketiga sushi varian unik lainnya, makizushi yang satu ini paling "normal". Cuma berisi daging fillet ikan salmon dibungkus nasi dan nori. Hmmm, colek wasabi dikit, celup shoyu, lalu hap, masuk mulut dan jangan lupa nikmati bersama jahe dan ocha :) Ini baru yang namanya sushi "Rasa Jepang". Hambar, tidak gurih, namun ada rasa khas seafood (ya iyalah, namanya juga sushi).



Yang berminat, monggo mampir ke Grand Indonesia dan cari Poke Sushi (jadi promosi deh). Rasa dan harga tidak ditanggung.


Kosakata:
1. Wasabi: sejenis tanaman akar berwarna hijau muda yang diparut dan rasanya pedas menusuk hidung namun konon ampuh untuk membunuh cacing ikan yang berbahaya
2. Shoyu: kecap asin
3. Ocha: teh hijau

2 comments :

Danang D. Cahyadi said...

wah,kmren komen kok ga muncul...
mau lah kapan2 diajak kuliner yg beginian...

ayudesu said...

lho, ga muncul gimana masdab?

traktir lah masdab kalo makan sushi yang begini, hehe

Post a Comment