Tuesday, February 28, 2012

AKB48

AKB48? Tumben banget si gue nulis ini. Bukan...bukan... bukan karena nge-fans, tapi karena kebetulan "nemu" yg namanya AKB48 ini di Plaza Senayan, Jakarta hari minggu, 26 Februari lalu.
Perkenalan singkat mengenai AKB48, konon merupakan singkatan dari "Akihabara 48". Angka "48" itu diambil dari jumlah anggota (Banyak bener dah). Menurut Om Jack Separoh (nama asli disamarkan), AKB48 ini aslinya ada 100 orang, trus yang tim inti ada 40, sedangkan yang boleh muncul di TV ada 20. Kalau menurut Abang Kamen Rider (nama asli kembali disamarkan), AKB48 ini difokuskan untuk pentas teater musikal, jadi ya nyanyi-nya jarang live, yang penting rame aja di atas panggung. ^^ Kalau menurut Kanecho (nama tidak disamarkan), AKB dibagi menjadi tim A, K, dan B.  Ok, perkenalan cukup.

Jadi, ceritanya pada tanggal 25-26 februari kemarin ada serangkaian acara yang namanya J-POP culture (kalo ga salah) yang diadakan di Balai Kartini (tgl 25) dan Plaza Senayan (tgl 26). Di sanalah si gue nemu 10 orang anggota AKB48 di atas panggung memakai kostum berbagai tema. Sayangnya, karena lokasi panggung di tengah2 mall, sound system jadi ga maksimal dan suara pecha. Si gue yang bahasa jepunnya seiprit pas2an ini gagal total ngerti satu kata-pun dari para personil ^^


 Para personil AKB48 di atas panggung

Yang pasti, barisan depan dari squadron penonton dihuni oleh para fotografer setengah amatir dengan kamera SLR nya *wow* sedangkan barisan di belakangnya dipenuhi oleh kaum adam pembawa uchiwa (kipas) AKB48. Kalau dilihat dan didengar sekilas, 70% fans mereka adalah kaum adam. Coba aja denger "sahutan" setiap sebuah lagu diputar atau seorang personil berbicara. Suara didominasi oleh suara nge-bass ^^   Kenapa jadi nge-bahas ini ya?

Anyway, tampaknya memang 70% massa yang datang hari itu pengen lihat AKB48. Terlihat dari kerumunan yang langsung balik kanan bubar jalan setelah para personil AKB48 yang masih muda2 banget itu meninggalkan panggung. Wah wah...

Kerumunan fans saat AKB48 berada di atas panggung

Kermumunan fans setelah AKB48 turun panggung

Sekadar info, acara tersebut merupakan salah satu program yang di-support oleh kedubes Jepang di Indonesia, JAL (perusahaan penerbangan kepercayaan pemerintah Jepang), dan Japan Foundation (Asosiasi yang mendukung berbagai pertukaran budaya dan pendidikan) serta tak lupa Pocari Sweat tentunya. hehe... Sebenarnya masih ada beberapa sponsor lainnya. Namun sponsor-sponsor yang disebutkan tadi tampaknya cukup menjadi perhatian saya karena mereka termasuk yang "punya nama" dan "bukan sembarangan"

Tampaknya AKB48 memang sedikit banyak diarahkan untuk menjadi salah satu "duta Jepang" dalam mempromosikan pariwisata Jepang pasca 11 Maret 2011. Terlihat dari adanya booth JAL dan ANA, dua perusahaan penerbangan besar di Jepang yang mempromosikan dan memperkenalkan berbagai tempat wisata di Jepang :) Strategi yang bagus :) Ngomong-ngomong soal JAL, bukannya bintang iklan JAL itu Arashi ya? hihi.. ngarep Arashi yang dateng, bukan AKB48 (teteuup)

Apapun itu tujuannya, yang penting kan hubungan antar kedua negara tetep baik dan damai dan AKB48 bisa balik ke Indonesia (titipan pesan dari fans AKB48). Bukan begitu sodara-sodara? :)


アユ

0 comments :

Post a Comment