Wednesday, December 7, 2011

Jidouhanbaiki ~ Vending Machine

Jidouhanbaiki atau vending machine atau mesin penjual otomatis adalah benda yang sangat umum di Jepang serta bisa ditemukan di setiap sudut, mulai dari menjual minuman, makanan ringan, koran, sampai beras!

Tapi, kalau di Indonesia? Rasanya masih perlu banyak evaluasi untuk menyimpan mesin penjual otomatis ini di setiap sudut jalan ^^ Meskipun demikian, tetap saja si Jidouhanbaiki bisa ditemukan di beberapa sudut di Indonesia. Yang pernah saya temukan adalah di salah satu sudut mal besar di Bogor. Bagi saya, mesin penjual minuman tersebut masih kurang praktis karena untuk dapat membeli sekaleng minuman, diperlukan kartu khusus yang harus dibeli di tempat khusus pula. Jadi, tidak seperti di Jepang yang tinggal memasukkan sejumlah uang, memilih, kemudian minuman (atau benda lain yang dijual) akan keluar. Jika ada kembalian, uangnya akan keluar otomatis. Hmm... repot ya, mending beli di warung ^^


Jidouhanbaiki kedua yang pernah saya temukan adalah mesin penjual minuman hangat di International Airport di Tangerang.

Mesin yang satu ini agak sedikit lebih praktis dibandingkan yang saya temukan sebelumnya. kita hanya perlu memasukkan selembar uang lalu menekan minuman yang kita inginkan, lalu menunggu minuman disajikan oleh mesin, dan sluuuurp. Yang menjadi kurang praktis adalah, lembar uang yang dpat dimasukkan hanya 1 lembar 5000, 10.000 dan 20.000 rupiah, sebab harga segelas minuman semuanya 5000 rupiah. Menurut salah seorang teman saya mesin ini (atau mungkin mesin yang lain ya?) cenderung tidak akan mengeluarkan uang kembalian. jadi, kalau kita memasukkan uang 20.000 maka kita harus membeli 4 buah minuman. Wah wah, lagi lagi ga praktis.

Anyway, spertinya di bumi nusantara tercinta, masih lebih baik beli minuman hangat di warung atau yang sekarang sudah mulai ada, di konbini alias convenient store alias mini market terdekat ya ^^ Praktis dan pembayarannya mudah :)


アユ

3 comments :

Danang D. Cahyadi said...

ya nanti kita bikin vending machine yg ga pake masukin koin atau lembaran uang,,,, inovasiku adalah bkin vending machine yang prosedurnya: kita tinggal pilih minuman/makanan yg mana, lalu secara otomatis ada tangan yg keluar, ngambil uang di saku kita...trus kalo kelebihan, kembaliannya dibalikin ke saku lagi... hahhahahah,,,, jenius sekali ya... mendekati gila.

ayudesu said...

Hahahaha... kayak vending machine jaman doraemon donk tuh :P

Eric Chand said...

domino qiu qiu



Post a Comment