Tuesday, May 17, 2011

Chihuahua

Chihuahua. Begitulah nama breed anjing mungil yang satu ini.
Saya spontan teriak "CHIHUAHUA" begitu membuka link yang dipostkan salah seorang teman di twitter... kira2 link tersebut (link-nya ga ditulis ya^^) kalau dibuka isinya seperti ini:


pesan saya: abaikan saja yang gendong chihuahuanya :P
ngomong2 soal chihuahua, anjing apakah itu? sering denger dan lihat wara-wiri nya tapi belum kenal sama anjing mungil yang satu ini :)

buat yang belum kenal (termasuk saya), cekidot...

menurut American Kennel Club, Chihuahua merupakan anjing yang "graceful, alert, swift-moving with saucy expresion" Maaf pake bahasa Inggris, cari padanan kata yang pas di bahasa Indonesia susah (alesan ><). Selain itu chihuahua termasuk anjing sangat cerdas dan meskipun ukuran tubuhnya kecil, ga boleh diremehkan. Hoho... Warna anjing mungil ini bermacam-macam dan rambutnya ada yang pendek dan ada yang panjang. Anjing ini juga dikenal sebagai "purse dog" atau anjing saku kali ya kalo dalam bahasa Indonesia (kayak kamus saku aja). Mungkin karena ukurannya yang mini :)

Sejarah asal usul nenek moyang chihuahua sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa berpendapat bahwa anjing ini memiliki nenek moyang Fennec Fox, seekor rubah yang sangat kecil dengan mata dan telinga besar. Karakteristik inib masih bisa ditemui pada chihuahua. Konon jaman dahulu kala, chihuahua dipakai untuk upacara keagamaan dan merupakan hewan peliharaan kalangan menengah ke atas.

Lalu, kenapa dinamakan chihuahua? Nama ini berasal dari nama sebuah daerah di Mexican State, Chihuahua, tempat pertama kali ditemukannya ras anjing yang satu ini.

Sebagai tambahan, menurut American Kennel Club, Chihuahua dapat beradaptasi dengan baik dalam lingkungan keluarga terutama jika anak-anak dapat berlaku "gentle" dan sabar terhadap anjing ini. Karena anjing ini bertubuh mungil, maka perlu "excercise" rutin dan merupakan "anjing kota" yang baik. Namun, anjing ini sangat sensitif terhadap suhu dingin.
Hmm... kalo gitu di Indonesia cocok kali ya? ^^

2 comments :

Indah Nurmawarti said...

tetep ya itu si sho..eh sapa namanya,,tetep eksis..

ayudesu said...

ketauan indah... jadi malu /plak iya ndah... namanya Sho :)

Post a Comment