Monday, June 28, 2010

Progesterone Implantation on American Short Hair Cat


Senin, 28 Juni 2010 Pk. 09.00, Animal Medical Center, Tokyo Nokodai

Signalement
Nama : Rin-chan
Pemilik: Suzuki-san (masuk signalement ga sih yang ini?)
Jenis: Kucing
Ras: American Short Hair
Usia: sekitar 4-5 tahun
Jenis Kelamin: Betina
Berat Badan: 31,5 Kg
Warna Rambut: Gold

Anamnesa
Beberapa tahun yang lalu menjalani operasi Ovariectomy, namun beberapa bulan kemudian gejala estrus kembali muncul. Kemungkinan karena masih ada ovarium yang tidak terangkat sempurna. Pemilik menolak untuk dilakukan ovariectomy ulang, sehingga dilakukan implantasi progesteron subkutan. Implantasi pertama dilakukan 2 tahun yang lalu. Setelah 2 tahun, kemungkinan konsentrasi progesteron dalam darah menurun sehingga pasien kembali menunjukkan gejala estrus. Menurut keterangan owner, gejala estrus terlihat mulai 2 minggu yang lalu dan puncaknya adalah malam sebelum waktu kunjungan ke rumah sakit.

Prognosa
Fausta

Diagnosa
Diperlukan re-implant preparat progesterone baru unutk mengembalikan level progesterone darah sehingga estrus dapat dihambat.


Treatment
Operasi pengambilan preparat progesterone dan implantasi preparat progesterone baru.
Pre-operative:
Restrain hewan dengan handuk yang menutupi bagian caudal dan cranial. Desinfeksi bagian sayatan dengan alkohol dan povidone iodine.
Aplikasi Atropine dan Xylazine SC pada 1/3 bagian dorsal leher.
Sekitar 10-15 menit kemudian, kucing benar-benar teranestesi dan operasi dimulai.

Operative
Penyayatan dilakukan pada dorsal leher sepanjang lebih kurang 2-3cm pada tempat implantasi progesterone. Setelah, preparat progesterone yang lama diambil, preparat baru segera diaplikasikan pada lokasi yang sama.
Sebelum daerah sayatan ditutup, disemprotkan antibiotik Amphicilin 2ml(dalam larutan Saline). Sayatan ditutup dengan dengan plester yang diolesi zat semacam wound cream dengan warna seperti pividone iodine (maaf, nama zat-nya lupa).

Post Operative
Kucing mulai sadar sekitar 1 jam setelah pembiusan. Setelah mulai menunjukkan tanda2 "sadar" (sekali maaf, lupa istilahnya), kucing dipindahkan ke kandang rawat. Tiga puluh menit kemudian, pasien masih sedikit memperlihatkan gejala agresif estrus. Setelah diperiksa ulang dan kondisi pasien dapat dikatakan "normal", pasien dapat langsung dibawa pulang. Post-operative drug yang perlu diberikan selama beberapa kali adalah antibiotik.


Disclaimer: 田中先生 & 永井先生 (Operator)
遠藤先生、白澤、五味、金井、大塚、為崎 (Asisten)

アユ

0 comments :

Post a Comment